Senin, 12 Agustus 2019

Tips And Trick Merantau

           

                   "Tips And Trick Merantau "

1. Banyak kenalan sama orang baru

➡️selektif milih temen sih iya harus,cuma kalo baru-baru mah kenalan mah kenalan aja  buat nambah temen,masalah nanti siapa yang bakal jadi temen deket atau enggak  itu mah urusan belakangan,nanti juga ke seleksi alam sendiri.

2. Banyak jalan-jalan, inti nya mah keluar lah jangan mendem di kosan mulu .

➡️soalnya ya kalian pasti tau lah bakal bosen kan di satu sisi  nanti kalian pasti bawaan nya homesick mulu gara-gara ngerasa sendiri .Homesick sih boleh-boleh aja asal dalam batas wajar,cuma yang bahaya tuh kalo kebanyakan homesick nya,yang ada nanti kalian gak fokus buat serius belajar nya.

3. Jaga tata krama dan sopan santun

➡️soalnya kalian kan bakal ngebangun dari awal lagi sosok kepribadian kalian di tanah rantau,orang sana kan gak bakal tau sifat asli kalian sebelumnya seperti apa, ya mungkin di daerah kalian mah masyarakat udah kenal kalian dari keluarga yang baik kan,tapi perlu kalian ingat kalo di tanah rantau belom tentu kalian bakal di cap langsung sebagai orang baik. masyarakat ya bakal liat sosok kalian tuh ya dari awal kalian bersikap disana aja gimana. Inti nya pintar-pintar lah membawa pembawaan diri di tanah rantau ya sob.

4.  Banyak-banyakin nolong orang

➡️udah tau rantau tinggal sendiri ,kalo kalian gak sering nolongin orang mah ,jangan harap deh ada yang mau nolongin kalo pas kalian lagi susah. Hukum timbal balik pasti berlaku lah,cuma perlu kalian ingat jangan ngarep orang yg pernah kalian tolong bakal nolongin kalian juga,intinya jangan berekspektasi lah ya kalo soal berbuat kebaikan mah yang ada kalian sakit hati ke makan ekspektasi sendiri, terkadang kebaikan yg kalian tuai  bakal balik ke kalian nya tuh dari orang yang beda ataupun jalan yang beda,untuk urusan ini mah allah swt lebih tau dari kalian,yang terpenting jangan lelah ya untuk berbuat kebaikan.sekalipun orang yang kalian tolong malah nyakitin kalian. Tapi yakin lah allah swt sendiri yang akan membalas kebaikan kalian.

5. Banyakin sedekah

➡️syukur kalo kalian udah kebiasaan sedekah mah,soalnya bakal kerasa ini tuh, kalo kalian lagi di sempitin rezeki nya, nanti suka ada aja rezeki yg datang dari arah yang gak disangka-sangka.

6. Kalo kalian sakit jangan manja,dan jangan ngarepin orang bakal ngerawat,sakit hati yang ada

➡️intinya mah selagi kalian masih kuat mah, usahain lah diri sendiri yang ngurusin,kalo  gak sanggup banget baru boleh minta bantuan, cuma jangan sampe kalian ngerepotin mulu orang nya , soalnya orang juga punya urusan nya masing-masing yang harus dikerjain,terus juga kalian sempetin ngabarin ke orang tua kalo lagi sakit cuma jangan bikin orang tua kalian khawatir ,kan kasian nanti orang tua kalian dari jauh kepikiran kalian mulu yang ada orang tua kalian jadi gak fokus  ngerjain apa yang harus dikerjain.

7. Sesibuk-sibuk nya kalian,sempetin buat ngasih kabar ke orang tua.

➡️mungkin kalian nganggep  hal ini adalah hal yang sepele ,namun perlu kalian tahu dengan kalian ngasih kabar ke orang tua tuh ,mereka bakal seneng banget kalo di kasih kabar sama anak nya, walaupun  ngabarin nya cuma lewat telepon doang dan hanya beberapa menit doang, hal kayak gitu tuh menurut orang tua kalian adalah kebahagian yang gak ada duanya lah bagi mereka mah.Lalu jangan nelpon ke orang tua pas minta duit doang,intinya kabarin lah .

8. Hemat jangan boros

➡️kasian kan kalo kalian minta mulu sama  orang tua,siapa tau orang tua kalian juga pas mau ngasih ke kalian sama-sama lagi butuh juga ,cuma kalian gak tau aja di balik semua itu,yang terpenting bagi orang tua adalah bisa memastikan kebutuhan kalian tuh tercukupi selama merantau,kalo bisa sih kalian cari kerja, cari kerjaan part time, atau bisnis kecil-kecilan buat nambah-nambah uang jajan mah

9. Kalo kalian ngerasa down atau ada niatan pengen nyerah,pengen pulang aja,  coba kalian pikir-pikir lagi tujuan awal kalian ngerantau jauh dari ortu tuh buat apa?

➡️pikirin lagi usaha sama perjuangan kalian buat dapetin ptn tuh kayak gimana,dan inget banyak orang di luar  sana yang pengen ada di posisi kaya kalian,cuma mereka mungkin belom beruntung seperti kalian, masa iya kalian yang udah beruntung mau nyerah gitu aja.Kan nggak banget gitu

10.  Jangan dipenden sendiri kalo punya masalah, atau ada hal yg bikin kalian sedih

➡️coba kalian cuhat dulu ke allah swt dulu ,deketin allah, banyakin ibadah, kalo masih ada yg nge ganjel di hati kalian, itu sih terserah kalian, apa mau curhat ke temen, apa mau nangis, apa mau merenung itu mah terserah pokoknya lakuin hal yang bisa bikin kalian pulih lagi dengan cara yang gimana aja, asal jangan sampe nyakitin diri sendiri aja

11. Ikut ukm,atau organisasi jangan jadi mahasiswa kupu-kupu

➡️selain buat nambah wawasan dan pengalaman,kalian juga bisa
 nambah temen baru, biar ngurangin kegabutan di kosan lah ya .

12.  Sempetin buat pulang ke rumah(kampung halaman)

➡️ingat kampung halaman adalah rumah tempat mu berpulang,so sempetin lah buat kalian pulang walaupun 1 tahun sekali  juga gak papa,tapi kalo kalian banyak waktu mah jangan se taun sekali juga sih, pokoknya mah sempet-sempetin lah ya sesibuk-sibuk nya kalian,karena moment kalian pulang ke rumah adalah monent yang paling di tunggu-tunggu  sama keluarga kalian.

Ok Kawan!
Itu tadi beberapa paparan opini ku mengenai tips and trick merantau

Nah selain aku mengutarakan beberapa opini ku,aku juga  pengen tau nih tips and trik merantau versi kalian seperti apa?

Silahkan kalian bisa mengutarakan berbagai opini kalian seputar merantau di kolom komentar di bawah ini 🔽

So, tunggu apa lagi jangan takut dan malu buat mengutarakan pendapat ya sobb,karena disini kita akan berbagi sekaligus belajar dari pengalaman bersama.

Ok,segitu dulu  paparan opini ku kali ini,terimakasih bagi kalian yang sudah mampir di blog ku,aku sangat mengapresiasi  kalian yang membaca blog ini,aku harap bisa bermanfaat bagi kalian.

See you!! 💚
Sampai jumpa di blog ku selanjutnya.


6 komentar: